Danau Toba Pulau Samosir

Foto ini diunggah oleh Leo Sagala (@leosagala_)

Danau Toba adalah salah satu tujuan paling populer di Indonesia, terutama di Medan, Sumatera Utara. Danau Toba adalah danau vulkanik terbesar di Indonesia, bahkan di Asia Tenggara. Yang membuatnya lebih istimewa adalah diambil dari Pulau Samosir, sebuah pulau yang bermukim di tengah danau.

Danau Toba adalah area seluas 1.707 km², kita dapat mengatakan bahwa ini adalah 1.000 km² lebih besar dari Singapura. Ini terbentuk oleh letusan gunung berapi raksasa sekitar 70.000 tahun yang lalu, mungkin merupakan kaldera kebangkitan terbesar di Bumi. Pulau Samosir atau Pulau Samosir, Pulau di tengah, bergabung dengan dinding kaldera oleh tanah genting yang sempit, yang dipotong untuk memungkinkan perahu lewat; jembatan jalan memotong memotong. Pulau Samosir adalah pusat budaya suku Batak, asli dari Sumatera Utara.

Dengan meletusnya gunung berapi super (Gunung Toba) diperkirakan telah menyebabkan kematian massal dan kepunahan beberapa spesies makhluk hidup. Letusan Gunung Toba telah menyebabkan perubahan cuaca bumi dan awal menuju zaman es yang mempengaruhi peradaban dunia.

Danau Toba sebenarnya lebih mirip laut daripada danau mengingat ukurannya. Oleh karena itu, Danau ditempatkan sebagai danau terbesar di Asia Tenggara dan terbesar kedua di dunia setelah Danau Victoria di Afrika. Danau Toba juga termasuk danau terdalam di dunia, yaitu sekitar 450 meter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *