Gunung Rinjani

Foto ini diupload oleh Jeane Liu

Gunung Rinjani adalah gunung yang perkasa,gunung ini berapi besar yang menjulang di atas pulau Lombok. Pendakian ke puncak adalah salah satu pengalaman paling menggembirakan yang bisa Anda miliki di Indonesia. Dengan ketinggian 3.726 meter, Gunung Rinjani adalah gunung tertinggi kedua di Indonesia. Pendakian ke puncak mungkin tidak mudah tetapi itu sepadan, dan secara luas dianggap sebagai salah satu pemandangan terbaik di negara ini.Gunung rinjani juga Bagian dari ‘cincin api’ yang terkenal di gunung ini juga memiliki makna spiritual bagi penduduk setempat. Diperkirakan bahwa nama Rinjani berasal dari istilah Jawa kuno untuk ‘Tuhan’.
Di sekitar lereng Rinjani ada hutan rimbun yang ditaburi air terjun dan dikelilingi oleh pemandangan yang menakjubkan.

Di dalam gunung ada sebuah danau berbentuk bulan sabit, Danau itu disebut Segara Anak yang menakjubkan yang berjarak sekitar 6 km di titik terluasnya. Danau belerang ini terletak 600 meter di bawah tepi kawah. Terbit dari perairan danau ini adalah gunung berapi baru, Mt. Baru, yang merupakan hasil dari serangkaian letusan selama tahun 1990-an. Segara Anak adalah tempat spiritual. Orang Bali datang ke sini setiap tahun dan melakukan upacara yang disebut pekelan di mana perhiasan ditempatkan di danau sebagai persembahan bagi roh gunung. Orang-orang Wetu Telu juga menganggap danau itu suci dan datang ke sini untuk berdoa pada malam bulan purnama.

Gunung Rinjani terletak di dalam Taman Nasional Gunung Rinjani. Taman ini mencakup 41.330 hektar dan berada di dalam zona transisi bio-geografis utama (Wallacea). Di sinilah flora dan fauna tropis Asia Tenggara bertemu dengan Australasia. Taman Nasional ini didirikan pada tahun 1997 dan merupakan salah satu dari lebih dari 40 taman di seluruh Indonesia.

Bagi pengunjung, rute perjalanan Rinjani tiga hari dari Senaru ke tepi kawah, turun ke Danau Kawah kemudian ke Sembalun Lawang, dianggap sebagai salah satu jalur terbaik di Asia Tenggara. Trekker yang lebih berani mungkin ingin menuju ke puncak gunung berapi. Ini terbaik dicapai dari Sembalun Lawang dan membutuhkan waktu empat hari, selesai di Senaru.

Untuk memastikan bahwa masyarakat setempat mendapat manfaat dari pendapatan pariwisata, Trek Rinjani dikelola oleh kemitraan pejabat Taman Nasional, sektor publik dan swasta dari industri pariwisata Lombok dan perwakilan masyarakat. Koperasi yang dikelola masyarakat mengoordinasikan Trek di Rinjani Trek Center (RTC) di Senaru dan Pusat Informasi Rinjani (RIC) di Sembalun Lawang.

Pendapatan dari kegiatan pariwisata dan biaya masuk digunakan untuk konservasi, pengelolaan dan membantu Taman Nasional dengan pemeliharaan Trek Rinjani, sehingga memastikan keberlanjutannya. Model manajemen ini unik di Indonesia dan dianggap sebagai contoh praktik terbaik ekowisata di Indonesia..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *